Header Ads

ad 1

Keanggotaan Papua Barat di MSG diharapkan pada bulan Desember

The Melanesian Spearhead Group Secretariat in Port Vila, Vanuatu Photo: RNZI / Jamie Tahana
Jayapura, PacePapushare - Laporan dari Vanuatu mengatakan Papua Barat siap untuk diberikan keanggotaan penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG) pada bulan Desember.

The Daily Post mengatakan ini diumumkan oleh ketua MSG, perdana menteri Kepulauan Solomon Manasye Sogavare, di Port Vila pada pertemuan dengan perwakilan dari Papua Barat.

Menurut laporan Tuan Sogavare mengatakan Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru dan gerakan FLNKS akan mengakui Papua Barat masuk MSG pada pertemuan berikutnya di Vanuatu, walaupun Papua Nugini dan Fiji menjauh.

KTT MSG yang direncanakan di waktu lalu dibatalkan tanpa alasan yang jelas, setelah sebelumnya juga ditangguhkan pada awal tahun ini.

ULMWP sudah berusaha untuk menjadi anggota penuh di MSG, pada tahun lalu membuat Indonesia sebagai anggota asosiasi.

Ketua Pastor Vanuatu Asosiasi Free West Papua Allan Nafuki mengatakan jika Fiji dan Papua Nugini tidak muncul untuk pertemuan puncak berikutnya, tiga anggota lain tidak akan memiliki pilihan lain kecuali untuk terus melangka ke depan dan memilih Papua Barat menjadi anggota penuh MSG.

Kekhawatiran tentang pelanggaran hak asasi manusia oleh pasukan Indonesia di Papua Barat dibesarkan oleh beberapa negara Kepulauan Pasifik di PBB bulan lalu, memicu kecaman dari Jakarta karena diduga campur tangan dalam urusan dalam negeri Indonesia. [MF/RNZ]

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.