Header Ads

ad 1

PM Kepulauan Solomon: Bangsa Pasifik harus bantu Papua Barat

Perdana Menteri Hon Manasye Sogavare bersama delegai Papua Barat (Foto Ist)
Jayapura, PacePapushare - Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasye Sogavare mendesak rekan Bangsa Pacifik untuk membantu Papua Barat dalam perjuangan untuk hak asasi manusia dan menentukan nasib sendiri di bawah pemerintahan Indonesia. Seiring dengan pejabat dari Papua Nugini dan Selandia Baru, Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon Sogavare sebelumnya telah berbicara di PBB tentang masalah ini, dan diplomat UNHRC oleh Barrett Salato membahas diawal tahun ini pada topik yang sama. Sogavare mendirikan Koalisi Pasifik untuk Papua Barat (PCWP) sebagai forum bagi negara-negara Pasifik untuk mendukung Papua Barat.

Perdana Menteri Manasye Sogavare mengatakan negara-negara Kepulauan Pasifik memiliki tugas sebagai yang paling dekat tetangga dengan Papua Barat untuk mengatasi masalah-masalah di Papua Barat.

Dia mengatakan ini sangat penting karena fakta bahwa hak Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri - adalah prinsip dasar Piagam PBB - yang ditolak selama 50 tahun terakhir.

Tuan Sogavare mengatakan ini setara dengan hak untuk hidup dan martabat ditolak sebagai akibat dari mengejar penentuan nasib sendiri.

Sementara itu, Tuan Sogavare yang juga Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG) kembali menekankan, maksud dari Koalisi Pasifik untuk Papua Barat (PCWP) benar-benar sejalan dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan demokrasi, sangat dasar Piagam PBB, semua anggota yang terdaftar di PBB harus mematuhi dan melindungi.

Perdana Menteri Sogavare menambahkan bahwa hanya dengan bekerja sama dan strategis berurusan dengan isu Papua Barat, (PCWP) dapat mencapai tujuan misinya. [MF/unpo]

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.