Header Ads

ad 1

Pertemuan Koalisi Pasifik untuk Papua Barat akan membawa masalah Papua ke PBB

Foto: freewestpapua.org
Hawaii, PacePapushare - Pertemuan pemimpin negara-negara Pasifik untuk West Papua telah terjadi di lantai 4, East West Center, Honolulu, Hawaii hari ini, (2/9/2016). Dirilis di akun sosial resmi oleh Viktor Yeimo.

Pemimpin negara-negara Melanesia, Polinesia, dan Micronesia bersatu untuk mendukung masalah West Papua hingga ke PBB, bersama-sama dengan Pasific Islands Forum (PIF).

Pertemuan Pacific Coalition for West Papua (Koalisi Pasifik untuk Papua Barat) ini terjadi disela-sela pertemuan negara-negara Pasifik untuk perubahan iklim yang mengancam negara-negara Pasifik, dimana Presiden AS, Barack Obama ikut menghadiri.

Mereka kembali tegaskan bahwa masalah ini, bukan masalah MSG tetapi pasifik utara dan selatan. Mereka akui akar masalah West Papua adalah penghianatan terhadap bangsa Papua dalam menentukkan nasibnya sendiri. Mereka tegaskan dan akui ULMWP sebagai satu satunya wadah representasi perjuangan bangsa Papua.

Pertemuan itu bersepakat membawa masalah West Papua ke PBB, di New York, tahun ini.

Sekjen ULMWP, Octovianus Mote dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada solidaritas besar yang hendak ditunjukkan oleh para pemimpin negara-negara Pasifik. (MF)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.