Header Ads

ad 1

Indonesia menghalangi representasi Papua - ULMWP

Para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik memutuskan untuk mendorong misi pencari fakta ke Papua Barat. Foto: RNZI / Koro Vaka'uta
Jayapura, PacePapushare - Indonesia menghambat upaya-upaya regional Pasifik untuk mengejar keadilan bagi pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Papua, dikatakan Gerakan United Liberation untuk Papua Barat.

Kritik dari duta Gerakan untuk wilayah Kepulauan Pasifik, Amatus Douw, datang mewakili Papua akan dibahas di KTT para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik di Negara Federasi Mikronesia.

Pemimpin Puncak pagi ini mulai di Pohnpei setelah Forum Sekjen Dame Meg Taylor mengatakan awal pekan ini bahwa wilayah tersebut tidak bisa menghindari menangani masalah Papua Barat.


Pada pertemuan KTT tahun lalu, para pemimpin Forum memutuskan untuk mendorong Indonesia untuk memungkinkan misi pencarian fakta di Papua Barat atas laporan pelanggaran hak asasi terhadap Ras Melanesia terus terjadi.

Setelah satu tahun dan tidak ada gerakan di depan ini, Dame Meg mengatakan Jakarta telah mengindikasikan bahwa ia tidak akan menyambut misi seperti itu, dan tidak nyaman dengan istilah "fakta.


Mr Douw mengatakan hal itu bukan kegagalan pada bagian Forum tetapi tanda defensif dari Indonesia yang ia dituduh "secara konsisten mencoba untuk melarikan diri dari kolonialisme dan Kekeyamanya hak asasi manusia".

Anggota Gerakan United Liberation untuk Papua Barat (termasuk Amatus Douw kiri bawa) dengan perdana menteri Kepulauan Solomon  Manasye Sogavare (tengah, kemeja biru) Foto: Facebook/RNZI
Utusan berbasis Australia percaya pendekatan langsung ke PBB diperlukan.

Dari peduli HAM, Indonesia,"sekarang menggunakan senjata untuk membunuh anak muda Papua tetapi Anda tidak akan pernah membunuh hukum internasional dan Piagam PBB tentang penentuan nasib sendiri, kebebasan dan kemerdekaan".

Kedutaan Besar Indonesia di Selandia Baru mengakui Indonesia masih menghadapi kendala dalam melindungi hak-hak asasi warga negara, tapi mengatakan Jakarta sedang mengatasi pelanggaran hak asasi.

Dikatakan penggabungan Papua ke Indonesia pada tahun 1960 adalah sanksi oleh PBB dan final.

Jakarta says it is advancing economic development in Papua region to help improve living conditions for West Papuans. Photo: RNZI / Koroi Hawkins
Pada pra-Forum lokakarya di Pohnpei, Dame Meg mengidentifikasi bahwa kepemimpinan daerah sebagian dibagi atas bagaimana untuk mendekati masalah Papua, tetapi mencatat bahwa orang di negara-negara Pasifik merasa sangat kuat tentang hal itu.

Tuan Douw menggema komentar Dame Meg tentang Koalisi Pasifik yang baru lahir untuk Papua Barat, termasuk perwakilan pemerintah dan masyarakat sipil, telah mendapatkan momentum dalam upaya untuk membawa masalah Papua ke tingkat PBB.

Pada malam puncak Forum, ia mendesak Australia dan Selandia Baru mengakui pemimpin "tanggung jawab moral" mereka dan mendapatkan di papan koalisi. [RZ/RNZ]

1 komentar:

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355)ATAU KLIK DISINI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    BalasHapus

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.