Header Ads

ad 1

Sekjen PBB Terima Laporan Pelanggaran HAM Papua

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon
Turki, PacePapushare - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menerima laporan pelanggaran hak asasi manusia di Papua.

Laporan West Papua Fact Finding Mission Report yang berjudul “We Will Lose Everything” diserahkan oleh Ketua Asosiasi Lembaga Swadaya Masyarakat Kepulauan Pasifik ( Pacific Islands Association for Non-Governmental Organisations -PIANGO), Emele Duituturaga di Istanbul, Turki pada Selasa 25 Mei 2016.

Duituturaga mempresentasikan laporan tersebut kepada Ban Ki-moon pada hari ke dua KTT Kemanusiaan Dunia (WHS). Laporan itu kemudian diserahkan dan diterima oleh asisten Sekretaris Jenderal PBB.

Di akhir KTT, Duituturaga sempat melakukan percakapan singkat dengan Ban Ki-moon. Penyerahan laporan tersebut dilakukan setelah pada pleno hari pertama WHS, Duituturaga diizinkan untuk meminta intervensi PBB tentang pelanggaran hak asasi manusia di Papua. “PIANGO memuji penutupan kamp Manus Pengungsi di Papua New Guinea, kita prihatin tentang konflik di pusat penahanan Nauru dan kami meminta intervensi PBB untuk pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat,” kata Duituturaga, seperti yang dilansir laman berita Pina pada 25 Mei 2016.

Duituturaga menambahkan, PIANGO mewakili 21 LSM dari seluruh wilayah Pasifik yang telah berkomitmen untuk menuntaskan masalah kemanusiaan.

WHS yang berlangsung sejak Senin, 23 Mei 2016 diikuti oleh 9.000 peserta dari 173 negara termasuk 55 kepala negara, ratusan perwakilan sektor swasta dan ribuan orang dari masyarakat sipil serta organisasi non-pemerintah yang berakhir kemarin, 25 Mei. [MF] [Tempo]

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.