Header Ads

ad 1

Papua Barat Bisa Mendapatkan Keanggotaan Penuh MSG

Pawai pada tahun 2015 di Honiara, Solomon Island saat mendukung Papua Barat untuk masuk anggota penuh MSG
PacePapushare - Melanesian Spearhead Group (MSG) telah melihat dukungan yang kuat untuk membawa Papua Barat untuk menjadi anggota penuh.

Perdana Menteri Kepulauan Solomon dan Ketua MSG, Manasye Sogavare membuat pernyataan setibanya kembali di negara setelah memimpin tawaran sukses menjadi tuan rumah 2023 Pacific Games.

Dia mengatakan bahwa setelah pertemuan dengan rekannya, Perdana Menteri Vanuatu, baru-baru ini, isu Papua Barat dibahas dan ditempatkan dalam posisi yang kuat dalam MSG.

Sogavare menyatakan bahwa penerapan Papua Barat untuk menjadi anggota penuh MSG didukung oleh mayoritas negara-negara anggota MSG.

"Hanya PNG dan Fiji masih belum di bawah pengaruh politik dengan Indonesia tetapi Kaledonia Baru, Vanuatu dan Kepulauan Solomon sekarang dalam posisi untuk membawa Papua Barat ke dalam keluarga Melanesia," katanya.

Sogavare mengucapkan bahwa permintaan terbaru yang dibuat untuk bertemu dengan Presiden Indonesia untuk membahas isu-isu di Papua Barat mengenai kepentingan kedua negara dalam MSG ditolak.

Menambahkan bahwa misi itu juga diselenggarakan oleh MSG pada persetujuan oleh para pemimpin MSG tahun lalu untuk melihat ke dalam tuduhan lainnya di Papua Barat tetapi juga diabaikan oleh Indonesia

"Dengan pengecualian itu menunjukkan tidak ada cara kita bisa mendiskusikan masalah ini dengan Indonesia, namun MSG melihat sekarang adalah hanya untuk membawa Papua Barat ke dalam keanggotaan penuh dari MSG.

"Kami sangat mendukung itu karena ini adalah apa yang MSG melihat untuk membawa masalah Papua Barat ke dalam MSG.

"Dan ini adalah salah satu alasan Indonesia diberikan untuk menjadi anggota asosiasi dari MSG, sehingga membahas tentang isu Papua Barat dapat dilakukan dalam MSG," katanya.

Tapi tindakan mereka telah menyatakan bahwa mereka dapat menyembunyikan kepentingan yang berbeda.

"Ini jelas menunjukkan kepada kita bahwa niat Indonesia untuk bergabung MSG hanya sengaja untuk melindungi kepentingan mereka atas Papua Barat." Kata Sogavare.

Dia mengatakan bahwa sebagai ketua dengan MSG, ia yakin bahwa Papua Barat akan menjadi anggota penuh dari MSG.

Dengan begitu ia menunjukkan bahwa dengan melakukannya ia berharap hal itu akan menyebabkan cara untuk memecahkan masalah Papua Barat. [theislandsuncom[RS] .

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.