Header Ads

ad 1

Konferensi Meja Bundar dan Resolusi PBB No. 448 Untuk Papua

Illustration World and independent Papua Campaign
KONFERENSI MEJA BUNDAR DAN RESOLUSI PBB NO. 448

Ditulis oleh John Anari (Kutipan)

Tahukah Anda bahwa Perjanjian KMB itu disahkan melalui Resolusi PBB No. 448?

Perjanjian Konferensi eja Bundar (KMB) ditanda-tangani tanggal 29 Desember 1949 di Den Haag, Belanda antara Indonesia dan Belanda. Klaim Indonesia mengenai Netherlands New Guinea (Papua Barat) menyebabkan Belanda marah dan hampir saja tidak menyerahkan Kedaulatan Netherlands Indies (Indonesia) maka Ketua Delegasi Netherlands Indies Drs. Mohamad Hatta mengatakan bahwa:
Biarlah Orang-Orang Netherlands New Guinea Menentukan Nasibnya Sendiri Karena Mereka Bukan Ras Melayu.
Akhirnya Kedaulatan Indonesia diserahkan dengan keputusan bahwa satu tahun kemudian kita akan berkonsultasi lagi soal Status Netherlands New Guinea tetapi belum satu tahun Netherlands Indies yang diakui di KMB sebagai Negara Federal Republik Indonesia Serikat (RIS) mengeluarkan Undang Undang Tahun 1950 menolak hasil KMB dengan mengubah Negara Federal RIS menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ini secara hukum bahwa Belanda menganggap Indonesia sudah tidak mau berunding lagi maka Status Netherlands New Guinea menjadi Hak Mutlak Provinsi Pemerintah Belanda. (RS) 

2 komentar:

  1. SETELAH Indonesia sudah tidak mau berunding lagi maka Status Netherlands New Guinea menjadi Hak Mutlak Provinsi Pemerintah Belanda.?

    BalasHapus
  2. Berarti kita dipimpin oleh pemerintahan belanda ? Atau bagaimana maksudnya yah ?

    BalasHapus

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.