Header Ads

ad 1

Freddy Ndolu: Papua Merdeka Hanya Sebatas Kritik Kepada Pemerintah Pusat


PacePapushare - Pakar politik dan Ketua Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia, Freddy Ndolu, " Indonesia adalah negara berdaulat. Negara lain tidak bisa ikut campur urusan dalam negeri, dan persoalan Papua sudah final," kata Freddy kepada CNNIndonesia.com, Senin (28/3).

Ia menganggap persoalan Gerakan Pembebasan Papua yang menghangat belakangan ini tidak terkait dengan isu separatisme, melainkan sekadar kritik terhadap pemerintah.

"Saya rasa persoalan yang ada di Papua saat ini belum sampai isu separatisme. Gerakan-gerakan yang muncul hanyalah soal kritik pemerintah pusat agar memenuhi hak-hak warga Papua," ujar Freddy.

Dalam kajian separatisme Papua yang selama ini ada, kata Freddy, kritik tersebut merupakan bagian dari kritik rakyat atas implementasi kebijakan pemerintah terkait Papua, terutama soal otonomi khusus.

Menurut Freddy, bisa saja kritik muncul lantaran kebijakan dengan implementasi di lapangan tidak sejalan. "Penyimpangan terjadi dan hak-hak warga tidak terpenuhi. Makanya pemerintah perlu memastikan antara program dengan operasional di lapangan benar selaras.”

Penanganan masalah Papua, kata Freddy, sudah banyak berubah di masa pemerintahan Jokowi. Dia melihat pemerintah saat ini lebih serius dan mengubah gaya pendekatan terhadap warga Papua dari cara kekerasan ke soft power.

Freddy mencontohkan kunjungan Jokowi ke Papua untuk menghabiskan malam Tahun Baru, melihat matahari terbit di sana, serta bercengkerama langsung dengan masyarakat lokal. Selain itu, adanya komitmen pemerintah untuk mengebut pembangunan infrastruktur di Papua seperti jalan raya.

"Oleh karena itu, saya lihat Gerakan (Pembebasan Papua) hanya sebatas kritik agar pemerintah memberikan perhatian ke Papua jangan sampai kendor," ujar Freddy.

Yang dilansir diatas adalah terkait kunjungan luhut ke fiji terkait erat dengan munculnya ancaman Gerakan Pembebasan Papua atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). 

1 komentar:

  1. setuju banget dgn Pak Freddy Ndolu. Birokrasi yg bersih bs membantu seluruh program terbaik di Papua berjalan sukses. Mudah2an Ko Ahok terpilih lg pd Pilkada 2017 biar perusahaan2 yg berkantor pusat Jakarta mendapat kepastian investasi yg aman supaya bs membuka usaha hingga ke Tanah Papua. Aku berharap Ekonomi Papua bs tumbuh scr bertahap di Pemerintahan Pak Jokowi. Amin. Salam damai dr Anak Sumatera utk Papua.

    BalasHapus

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.