Header Ads

ad 1

Wempi Wetipo: Konyol Kembalikan Otsus Papua Ke Pusat

Bupati Jayawijaya, Jhon Wempi Wetipo Ft Papuapos.ist
Jayapura, PacePapushare - Terkait kabar Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe  berniat mengembalikan Otonomi Khusus (Otsus) Papua, dianggap Bupati Kabupaten Jayawijaya sebagai hal yang sangat tidak relevan.

Demikian diungkpakan Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo kepada wartawan  usai memberikan kuliah umum di Kampus Otto Geisler, karena Otsus itu untuk masyarakat dan dirasakan oleh masyarakat.

 Sehingga rencana pengembalian Otsus itu bukan kewenangan Pemerintah Provinsi, melainkan oleh masyarakat. "Karena masyarakat yang merasakan Otsus, bermanfaat atau tidaknya itu masyarakat punya hak, bukan pemerintah Provinsi karena pemerintah daerah hanya kepanjangan tangan pemerintah pusat" katanya, Senin (22/2) kemarin.

 Ia menegaskan, tidak boleh Pemerintah Daerah mengembalikan Otsus, karena hal itu dianggap konyol, dan tak masuk diakal. "Pernyataan pengembalian Otsus ke pusat oleh pemerintah provinsi itu sangatlah konyol, yang betul adalah jika masyarakat tidak merasakan Otsus maka masyarakatlah yang menuntut mengembalikan, bukan pemerintah, kalau ada pemimpin yang meminta Otsus dikembalikan itu perlu dipertanyakan,"tegasnya.

 Dirinya sebagai Bupati Jayawijaya, yang juga akan maju dalam bursa Pilkada Gubernur Papua tahun 2018 mendatang meminta kepada  pemerintah pusat untuk segera mengaudit dana Otsus yang telah bergulir sejak tahun 2001 di Papua.

 "Otsus ini siapa yang pake, mengalir kemana, untuk siapa dan bagaimana itu harus diaudit. pemerintah pusat harus berani untuk itu,"ucapnya.
 Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menerima dana Otsus sebesar Rp. 117 Milyar, dari pembagian 80 persen Dana Otsus Papua, namun dirinya masih mempertanyakan akan kejelasan nominal pembagian tersebut.

 "Bicara 80:20 dana Otsus saya tidak tahu, apakah pembagiannya rasional atau tidak, karena yang bagi pemerintah provinsi dan kita tidak pernah terlibat," katanya.[res]

Sumber : papuapos.com

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.