Header Ads

ad 1

Sofyan Yoman: Status Politik & Sejarah Integrasi adalah Akar Masalah Papua

Pendeta Socratez Sofyan Yoman dari Gereja Baptis Papua berbicara kondisi krisis yang dialami warga asli Papua. (Foto: oikoumene.org)
PacePapushare - Socrates Sofyan Yoman adalah seorang pendeta dan aktivis atau Gerakan pembebasan pejuang Papua di bidang politik. Dia aktif berjuang untuk kemerdekaan. Pada tanggal 8 November 2004, dalam perayaan ulang tahun Universitas Cenderawasi, Jayapura, ia menyampaikan makalah berjudul Act of 1969 di  Papua Barat tidak demokratis. Dia dengan Tom Beanal, Taha Alhamid, Willy Mandowen, danTerrianus Yoku juga telah ke Amerika Serikat untuk melobi Kongres AS dan PBB untuk sejarah Papua diluruskan dan diadakan "Referendum" untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua.

KAMI BERDIRI DI SINI, di tanah nenek moyang kita. Kami adalah pemilik sah dari tanah Papua Barat dari Sorong ke Merauke. Papua diberikan oleh Allah untuk nenek moyag kami. Mereka diwariskan tanah ini kepada kami. Siapa pun tidak berhak untuk mengatur kami dan menindas kami dengan alasan dan atas nama apapun.

KAMI BERDIRI DI SINI, semangat perjuangan kita untuk mempertahankan harga diri, martabat, dan hak atas fakta-fakta sejarah. Perjuangan dan ketahanan kami untuk menentukan nasib sendiri, sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat bukan karena alasan ekonomi.

KITA DI SINI dan berjuang dengan memegang teguh pada akar utama masalah Papua, status politik Papua dan sejarah integrasi Papua ke Indonesia secara moral cacat, melanggar prinsip-prinsip hukum internasional, dan dilakukan kekerasan dan sarat dengan kejahatan terhadap kemanusiaan.

KAMI BERDIRI DI SINI, lebih dari warisan nenek moyang kita. Kami berusaha untuk mendapatkan kembali status politik hak-hak kami dan melawan sejarah integrasi Papua ke Indonesia Repoblik wilayah palsu dan dipaksa.

".. Setiap kepalsuan harus dilawan, menang atau kalah. Jauh lebih baik melawan yang mengandung penindasan!"

(Mayon Soetrisno, Vortex Arus Soekarno
Roman Age Movement, 2001: 369)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.