Header Ads

ad 1

Gubernur: Otsus Hanya Tutupi Nilai Kontribusi Freeport ke Pusat

Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Berbincang Dengan Kepala Dinas Perkebunan Papua, John Nahumury – Jubi/Alex
Jayapura, PacePapushare – Gubernur Papua, Lukas Enembe, menegaskan pemberian dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk rakyat Bumi Cenderawasih hanya kamuflase pemerintah pusat untuk menutupi besarnya kontribusi PT. Freeport Indonesia pada negara.

Pasalnya, Freeport mengklaim telah memberikan kontribusi sebanyak US$ 37,46 miliar atau setara Rp 487 triliun.
“Bayangkan sumbangan kepada negara sebesar itu, apalagi dengan nilai saham Freeport yang tinggi. Ini tidak adil karena dana Otsus yang diterima Papua tiap tahun hanya sekitar Rp 4,5 triliun,” kata Lukas Enembe, di Jayapura, Jumat (26/2/2016).
Enembe menilai yang diterima Papua itu tak ada apa-apanya dibanding dengan yang diterima pusat. Ini yang disebut Otsus hanya kamuflase pusat untuk menutupi kontribusi perusahaan raksasa tersebut.
“Nilai itu tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan yang diterima pusat,” ucapnya.
Menurut Enembe, sejauh ini pemerintah pusat tidak memberi respek terhadap rakyat dan tanah Papua yang sumber daya alamnya dieksploitasi, namun tidak menerima imbalan yang setimpal. Untuk itu, dirinya menuntut pusat harus adil dengan memberikan dana paling kurang Rp 20 trilun.
“Harusnya kita dikasih Rp 10-20 triliun setiap tahun. Untuk apa cuma memberi hampir Rp 5 triliun. Ini tidak adil,” kata Enembe.
Menanggapi itu, Gubernur Lukas Enembe minta pemerintah pusat tidak memberitakan kebohongan mengenai kontribusi Freeport Indonesia kepada negara.
“Sebenarnya Wapres JK bicara bohong tempo hari yang mengatakan kontribusi Freeport ke negara hanya Rp 17 miliar. Besaran Rp17 miliar apanya, data Freport sudah jelas,” ucapnya.  (Alexander Loen)

Sumber : tabloidjubi.com

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.