Header Ads

ad 1

DPR Papua Dukung Gubernur Kembalikan Otsus

DPRP Google ist
PacePapushare - Pernyataan Gubernur Papua,  Lukas Enembe untuk pengembalian dana Otonomi Khsuus (Otsus) yang diperuntukan kepada Pemerintah Papua dan Papua Barat, mendapat respon positif dari Dewan Perwakilan  Rakyat Papua (DPRP).

Pasalnya, dana Otsus menjadi perhatian pemerintah pusat dalam pengelolaanya di Papua yang dinilai tidak  signifikan dan mendiskreditkan pejabat  di Papua, sehingga semua orang Papua bisa masuk penjara.

Anggota DPR Papua dari daerah pemilihan Paniai, Laurenzus Kadepa yang juga sebagai anggota Komisi I DPR Papua, Bidang Pemerintah, Hukum dan HAM, beralasan bahwa  dana Otsus yang diperuntukan bagi rakyat Papua menjadi batu sandungan, lantaran dana Otsus tersebut tidak dinikmati oleh masyarakat orang asli Papua.

Meski masa kepemimpinan Gubernur Papua telah menurunkan 80 persen dana Otsus ke masing-masing kabupaten dan Kota, namun Pemerintah Pusat terus melakukan control. “Dana otsus sudah tidak dinikmati rakyat karena diberikan  sangat kecil, namun tingkat kontrolnya yang dilakukan sangat luar biasa,”  kata Kadepa, Kamis (18/2).

Kadepa menegaskan, bahwa apa yang disampaikan Gubernur Papua telah menjawab kerinduan masyarakat karena Otsus  dianggap gagal bagi rakyat Papua. “Gubernur Papua sudah menjawan kerinduan rakyat Papua bahwa Otsus Gagal dan sudah harus dikembalikan,” ujarnya.

Politisi partai NasDem itu, menegaskan, dengan dikembalikannya dana Otsus bisa merubah pola pikir pemerintah pusat yang terus memutar kiri kanan rakyat Papua. “Kalau pemerintah pusat ingin rakyat Papua, harus memberikan dana yang begitu besar. Ini kok kecil tapi kontrolnya sagat luar biasa. Jadi pemerintah pusat jangan hanya mengambil hasil kekayaan di Papua, tapi dana yang diberikan sangat sedikit. Kami sangat sesali itu,” ujarnya. [moz]

Sumber : papuapos.com

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.