Header Ads

ad 1

Isu HAM Papua Paling Laku di Internasioanal, Pemerintah Harus Cermat!

Tantowi Jahya/Net
PacePapushare  -  Pemerintah harus cermat dalam menangkis serangan isu pelanggaran HAM di Papua, sebab isu tersebut telah mendapat respon dari dunia internasional. Terlebih Pemerintah ingin membuka pintu kebebasan bagi media asing masuk ke Bumi Cenderawasih.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Tantowi Yahya menilai langkah Presiden Joko Widodo membuka pintu yang luas bagi media asing ke Papua bisa membuka opini negatif terkait peran Pemerintah di Papua di kancah internasional.

Anggota Komisi I DPR ini menjelaskan, Organisasi Papua Merdeka (OPM) bukan lagi mendorong bagaimana Pemerintah menentaskan kemiskinan, ketidakadilan dan sejenisnya di Papua, melainkan merubahnya menjadi isu pelanggaran HAM.

Menurut Tantowi, persoalan ini akan menjadi besar ketika Pemerintah membuka pintu bagi jurnalis asing masuk ke Papua. Terlebih dalam kajiannya di Komisi I, Pemerintah belum satu kata untuk mewujudkan keinginan Presiden Joko Widodo. Tidak solidnya antar lembaga dan kementerian, lanjut Tantowi bisa memperburuk dampak dari kebijakan tersebut.

"Suka atau tidak "jualan" isu HAM ini ada hasilnya, bisa kita lihat pada sikap yang ditunjukkan oleh LSM dan kepentingan negara asing yang menginginkan Papua lepas dari Indonesia," ungkap Tantowi dalam seminar nasional 'Tindak Lanjut Kebijakan Presiden Jokowi untuk Papua Tanah Damai' di Auditorium Utama LIPI, Jakarta, Rabu (27/1).

Lebih lanjut, politisi Golkar itu menilai Pemerintah juga tidak berusaha mengantisipasi maraknya isu HAM yang dilontarkan OPM di kancah internasional.

Tantowi menegaskan jika permasalan tersebut terus dibiarkan, maka isu yang diciptakan OPM akan menjadi persoalan dunia.

"Yang kita khawatirkan, kalau tidak bisa dibendung, ini akan bisa menjadi persoalan dunia. Buahnya simpati dan dukungan itu sudah nyata di depan kita. Saya katakan itu ke Kemlu, isu yang selalu menjelek-jelekkkan harus dibendung, tapi dari pihak kita belum ada aktivasi menangkal itu bahkan untuk membuat serangan balik juga tidak dilakukan," pungkasnya.[rus] 

Sumber : politik.rmol.co

6 komentar:

  1. Pemerintah indonesia sdh terlanjur dicap sebagai tukang yg bekerja melanggar hak asasi manusia sejak pembantaian di Dily,yg menyebabkan provinsi itu dimekarkan menjadi sebuah negara berdaulat dgn nama Timor Leste. Dunia sdh tahu bahwa indonesia itu negara yg Gagal menghormati hak asasi manusia. Di Papua, banyak pelanggaran Ham yg belum pernah ditangani secara transparent. Itu berarti indonesia harus siap diri utk menerima nasib yg sama seperti Timor timur. Tunggu waktu sj

    BalasHapus
  2. Pemerintah indonesia sdh terlanjur dicap sebagai tukang yg bekerja melanggar hak asasi manusia sejak pembantaian di Dily,yg menyebabkan provinsi itu dimekarkan menjadi sebuah negara berdaulat dgn nama Timor Leste. Dunia sdh tahu bahwa indonesia itu negara yg Gagal menghormati hak asasi manusia. Di Papua, banyak pelanggaran Ham yg belum pernah ditangani secara transparent. Itu berarti indonesia harus siap diri utk menerima nasib yg sama seperti Timor timur. Tunggu waktu sj

    BalasHapus
  3. pemerintah indonesia siap angkt kaki dri bumi cendrawasih.. isu pelanggaran sdh mendunia, dunia sdh tw utk apa NKRI mw tutupi kesalahan pelnggaran ham.
    fwp papua merdeka. harga mati

    BalasHapus
  4. pemerintah indonesia siap angkt kaki dri bumi cendrawasih.. isu pelanggaran sdh mendunia, dunia sdh tw utk apa NKRI mw tutupi kesalahan pelnggaran ham.
    fwp papua merdeka. harga mati

    BalasHapus
  5. Pemerintah Indonesia pura-pura membicarakan tentang kesejahteraan rakyat Papua, mereka memberikan dana Otsus untuk membangun tanah Papua.Tapi sayangnya Dana sebesar itu, mereka hanya kasih nama saja uangnya masuk di kantong mereka sendiri.

    Stop berbicara tentang orang Papua sudah... Penduduk Internasional sudah tau orang Indonesia punya kelakuan, kamu punya rencana untuk menghabiskan orang asli Papua, dan ingin menguasai tanah papua serta sumber daya alam Papua. bukan ingin menolong orang Papua.

    Masalah perjuangan Papua, tak bisa dihalang oleh siapapun!!!! Dengar

    kekecewaan,kemiskinan, penderitaan dan Air mata orang Papua akan terhapus ketika bangsa Papua bebas dari penjajahan Indonesia. Papua merdeka adalah harga mati. Salam

    BalasHapus
  6. Pemerintah Indonesia pura-pura membicarakan tentang kesejahteraan rakyat Papua, mereka memberikan dana Otsus untuk membangun tanah Papua.Tapi sayangnya Dana sebesar itu, mereka hanya kasih nama saja uangnya masuk di kantong mereka sendiri.

    Stop berbicara tentang orang Papua sudah... Penduduk Internasional sudah tau orang Indonesia punya kelakuan, kamu punya rencana untuk menghabiskan orang asli Papua, dan ingin menguasai tanah papua serta sumber daya alam Papua. bukan ingin menolong orang Papua.

    Masalah perjuangan Papua, tak bisa dihalang oleh siapapun!!!! Dengar

    kekecewaan,kemiskinan, penderitaan dan Air mata orang Papua akan terhapus ketika bangsa Papua bebas dari penjajahan Indonesia. Papua merdeka adalah harga mati.
    Salam

    BalasHapus

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.