Header Ads

ad 1

Usai Din Minimi, BIN Siap Negosiasi OPM

Kepala BIN Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menggelar rapat dengan Komisi I DPR RI di kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (10/9/2015).  (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)
VIVA.co.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso berhasil membujuk kelompok Din Minimi untuk menyerahkan diri. Bahkan, Sutiyoso datang langsung ke markas kelompok tersebut di Aceh, Senin kemarin.

Merasa caranya menangani Din Minimi dianggap berhasil, Sutiyoso mengaku bakal menggunakan pendekatan serupa untuk daerah lain. Papua misalnya, yang hingga saat ini masih memanas, terlebih setelah penyerangan ke Polsek Sinak, Minggu malam akhir pekan lalu.

"Soal OPM (Organisasi Papua Merdeka), kita juga akan pakai cara yang sama yaitu dengan pendekatan yang lunak atau soft approaching," ujar Sutiyoso di ruang VIP Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa 29 Desember 2015

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan tak menutup kemungkinan akan menemui Benny Wenda (pemimpin OPM) yang kini disinyalir berada di Inggris. Namun, ia mengaku, pendekatan secara lunak bukanlah satu-satunya cara untuk membuat kelompok bersenjata menyerah.

"Itu bukan jalan satu-satunya. Ketika pendekatan soft tidak berhasil, aparat ada cara lain, itu tidak bisa kita hindari," jelasnya.

Sutiyoso juga menegaskan, yang terpenting ialah menciptakan rasa aman terhadap masyarakat setempat. Sutiyoso menyebut, hingga kini belum ada pendekatan terhadap kelompok OPM.

"Masyarakat perlu rasa aman. Yang jelas intruksi Presiden kita pendekatan damai, tapi sampai saat ini kita belum (ada pembicaraan)," kata dia. (one) 

Sumber : Viva.co.id

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.