Header Ads

ad 1

Fiji mendukung Papua Barat untuk bergabung dengan Melanesian Spearhead Group

Dukungan Fiji untuk Papua Barat (Foto: http://news.pngfacts.com)
PacePapushare - Pemerintah dan Oposisi FIJI mengindikasikan komitmen untuk membantu Papua Barat bergabung dengan Melanesia Spearhead Group.

Dalam pertemuan dengan aktivis Octavianus Mote kemarin, Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola dan Pemimpin Oposisi Ro Teimumu Kepa menunjukkan kesediaan untuk mendukung tawaran Papua Barat.

"Saya sangat senang dengan resepsi kunjungan tersebut dan berharap dapat melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan teman-teman kami di Fiji bulan Maret," kata Mote.

"Komunitas CSO dan Gereja Metodis di Fiji sangat ramah dalam menawarkan untuk menulis surat ke Sekretariat MSG untuk mendukung permintaan keanggotaan kami."

MSG akan bertemu pada bulan Maret untuk membahas sebuah aplikasi dari gerakan baru Pembebasan Papua Barat yang baru dibentuk pada bulan Desember 2014.

Pertemuan Mote dengan para pemangku kepentingan di Fiji difasilitasi oleh Sekretariat Konferensi Sekretariat Pasifik.

Lebih dari itu mengindikasikan bahwa dukungan untuk aplikasi tersebut sudah jelas dari Vanuatu dan Kepulauan Solomon.

"Kami sangat yakin bahwa PNG akan mendukung kami karena mereka berada di belakang langkah bagi partai oposisi Papua Barat untuk bersatu sebelum mengajukan keanggotaan MSG," kata Mote.

"Dan Fiji pada tahun 2013 telah memberi tahu kami bahwa kami harus mengajukan keanggotaan penuh MSG, jadi kami berharap mereka dapat mendukung permohonan kami."

Sementara Mote kembali ke Amerika Serikat hari ini.

Mote adalah Mantan wartawan, dan melarikan diri dari Indonesia pada tahun 1999 dan tinggal di pengasingan di AS. [News.PNGfucts][MF]

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.